Sukses dalam Karier Dengan Mengenali Diri Sendiri

Bagi kebanyakan lulusan baru, bekerja di perusahaan ternama merupakan harapan dan tujuan dari mereka. Namun demikian, terkadang mereka jarang mempertimbangkan keahlianbaik yang mereka miliki maupun yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut, sehingga menyebabkan timbulnya gap diantaranya. Hal ini menyebabkan masih banyak posisi kosong di perusahaan,namun angka pengangguran terus meningkat. Siswa yang baru lulus seringkali gagal karena mereka kurang jeli dalam melihat potensi yang mereka miliki dan mencari perusahaan yang tepat bagi mereka untuk berkembang. Berikut hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang lulusan baru untuk sukses dalam perjalanan awal karirnya:

1.   Carilah Passion dan Kelebihan Diri

Sangat penting bagi seorang lulusan baru untuk mengenali apa passion mereka, dan apakah mereka memilki cukup kemampuan untuk sukses di bidang tersebut. Hal tersebut bisa kita lihat melalui berbagai kegiatan yang pernah kita ikuti sebelumnya. Kita bisa mulai menganalisis, kegiatan apa sajakah yang sebelumnya membuat kita senang melakukannya, dan kegiatan apa saja yang kita kerjakan dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

2.   Ikutilah segala kegiatan yang berkaitan dengan passion dan tujuan karirmu

Jika sudah mengetahui passion dan kelebihan yang kita miliki, sangat disarankan bagi lulusan baru untuk aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang akan menunjang karirnya—baik itu untuk menambah pengalaman ataupun keahlianbaru. Seorang siswa yang baru lulus bisa mulai dengan berbagai kegiatan sepertimengikuti les bahasa, kegiatan kerelawanan, ataupun kegiatan magang yang nantinya bertujuan untuk memberi poin plus pada CV, serta memperluas jaringanuntuk perjalanan karir di masa depan.

3.   Lihatlah dengan Kacamata yang Lebih Luas

Ketika kita sudah tahu passion dan kekuatan yang kita miliki, serta sudahmembekali diri dengan segala persiapan sebagaimana disebutkan sebelumnya, akan ada fase di mana kita harus mulai memilih perusahaan mana yang akan menjadi tempat kita bekerja. Pilihlah perusahaan yang memberikan kesempatan belajar seluas-luasnya dan jenjang karir yang jelas. Dengan begitu, akan mudah bagi seorang lulusan baru untuk berkembang di perusahaan tersebut, ataupun pindah ke perusahaan lain berkat pengalaman yang mereka miliki.

Back to top