5 Cara Sukses Mengubah Status Magang Menjadi Karyawan

Momen magang menjadi langkah penting bagi para pemula. Setiap lulusan SMK/SMA ingin berebut untuk mendapatkan tempat magang yang punya prospek besar untuk merubah status magang menjadi karyawan. Tapi meskipun kamu sudah mendapatkan tempat magang di kantor impian, jangan senang dulu. Karena, langkah selanjutnya adalah mendapatkan peluang “naik kelas” dimana pihak perusahaan ingin kamu tetap bekerja di sana usai menamatkan studimu. 

Mengubah status dari anak magang menjadi karyawan gampang-gampang susah. Kamu harus menyadari kalau magang ternyata bukan hanya sekedar belajar, tapi juga belajar bekerja. Momen magang harus kamu gunakan untuk belajar dan bekerja sebaik-baiknya. Buat kamu yang sangat ingin diangkat menjadi karyawan di perusahaan terkemuka, ini dia lima tips ampuhnya

#1Aturan bekerja di kantor mana pun pasti datang tepat waktu. Tapi cobalah untuk datang sebelum batas waktu. Ini bakal bikin HRD dan pembimbingmu di kantor terkesan. Dengan datang sebelum batas waktu yang ditentukan, kamu menunjukkan kepada seniormu kalau kamu bekerja dengan sungguh-sungguh. Selain mendapatkan pujian (mungkin) kamu juga akan mendapat penambahan nilai. 

#2Tunjukkan kalau kamu sangat antusias dengan pekerjaan yang mereka berikan. Kamu juga tidak hanya menunggu disuruh, tapi juga aktif bertanya dan mengambil inisiatif. Jangan sampai kamu terlihat ogah diberikan tugas. Meskipun tugas itu sebenarnya pekerjaan pembimingmu, lakukan saja tanpa mengeluh. Toh, kamu sedang belajar. Dan tidak ada salahnya melakukan hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. 

#3Meskipun kamu mudah bergaul, jangan sampai kamu tidak bisa mengontrol dirimu. Di dunia kerja, pasti ada saja orang yang membicarakan kejelekan orang lain. Meskipun kamu hanya membicarakan mereka dengan teman satu kelompok magang, kamu harus ingat kalau kamu sedang bekerja. Bersikaplah profesional dan jangan sampai merusak reputasimu dan kampus. 

 

#4Sebelum melamar magang, sebaiknya kamu tahu latar belakang perusahaan. Jangan sampai kamu benar-benar tidak tahu. Kamu juga harus meng-update pengetahuanmu tentang perusahaan dan cara bekerja di sana selama proses magang. Kamu harus peka dan peduli dengan segala aktivitas. 

#5Hubungan yang sangat penting. Makanya kamu harus menjaga hubungan baik dengan atasan dan yang paling penting pembimbingmu di kantor. Sehingga hubungan yang baik ini bakal menjadi awal pembuka jalan untukmu bekerja di sana. Dengan kinerja dan hubungan yang baik kamu bakal diangkat menjadi karyawan di sana. Biasanya, mereka akan menunggumu hingga kamu lulus. Makanya, setelah kamu magang, kamu harus mempercepat masa studimu agar mereka tidak terlalu lama menunggu. 

Dengan melakukan dan memerhatikan lima kunci sukses di atas, mengubah status dari anak magang menjadi karyawan bakal lebih mudah. Tapi jangan juga menganggap sepele hal ini. Kamu harus sadar kalau saat ini bukan lagi waktunya bermain.

Meskipun kamu masih belajar bekerja, tapi kamu harus memberikan yang terbaik. Agar, pihak kantor melihat kinerjamu yang bagus dan segera mengangkatmu jadi karyawan.

Back to top