Istirahat Makan Siang Ternyata Mempunyai Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Tugas yang ada di kantor tentunya selalu ada tantangannya tersendiri. Sehingga, bagi sebagian orang waktu sebanyak 8 jam di kantor itu dirasa kurang. Namun, tidak berarti kamu juga melupakan kebutuhan tubuh kamu lho ya. Berikut adalah beberapa kegunaan dari istirahat makan siang yang dapat kamu rasakan:

                      1. Mengatur kebiasaan makan sehat

Orang yang cenderung makan siang di meja, berkemungkinan besar memilih untuk memesan makanan cepat saji atau mengandalkan cemilan yang ada di meja mereka. Hal ini akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Apabila kamu beranjak dari meja dan meluangkan waktumu sebentar untuk istirahat makan siang di luar, kamu bisa menentukan menu yang tentunya lebih sehat (sayuran, buah-buahan atau kacang-kacangan) dibandingkan makanan cepat saji.

  1. Menghindari nyeri otot dan sendi

Duduk dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan dampak yang negative bagi tubuh seperti nyeri punggung, meningkatkan kolesterol, memperlambat peredaran darah, nyeri lutut, metabolisme tubuh menurun, serta merusak otot dan sendi leher. Dengan pergi beristirahat makan siang, memberi kesempatan untuk meregangkan lengan, kaki dan punggung.

  1. Meningkatkan produktivitas kerja

Istirahat dapat membersihkan pikiran kamu dari kepenatan pekerjaan. Bebaskan pikiran kamu dari pekerjaan sejenak untuk menghirup udara yang segar demi membuat pekerjaan yang kamu lakukan menjadi lebih produktif dan lebih fokus.

  1. Menjaga keseimbangan antara hidup dan pekerjaan

Lakukan hal-hal yang kamu pada saat jam istirahat seperti membuka social media yang kamu sukai, belanja, membaca buku, tidur, atau berkomunikasi dengan orang-orang yang kamus sayangi. Hal ini akan membuat kamu lebih siap menghadapi tantangan-tantangan selanjutnya.

  1. Meningkatkan hubungan bisnis

Makan siang dapat menjalin keakraban, hubungan/relasi baru, senior, ataupun teman kerja kamu. Percakapan-percakapan santai pada saat makan siang akan mejalian atau mempererat keakraban kamu dengan rekan kerja atau bahkan bisa menumbuhkan ide-ide kreatif yang baru.

(Sumber: Qerja.com)

Back to top