Pertanyaan Yang Pantang Kamu Tannyakan Saat Wawanacara

Proses perkenalan antara perusahaan dan calon karyawan dimulai pada saat wawancara. Maka dari itu, hati-hati pada saat kamu mengajukan pertanyaan kepada interviewer/pewawancara. Pertanyaan yang pantang kamu tanyakan pada saat wawancara diantanya yaitu:

                       1. Soal gaji dan benefit

Pada saat interview, bukan berarti kamu sudah diterima di perusahaan tersebut. Pertanyaan ini akan terkesan bahwasannya kamu hanya memntingkan soal uang bukan loyalitas. Tunggu perusahaan yang memulai topic ini. apabila topik ini sudah mulai disinggung, kamu bisa negosiasikan gaji kamu setelah riset yang kamu lakukan mengenai standar gaji yang sesuai dengan perusahaan dan kualifikasi diri kamu.

  1. Jam kerja

Pengetahuan serta pengetahuan akan rutinitas perusahaan adalah penting. Akan tetapi apabila kamu menyinggung pertanyaan ini, akan membuat kamu terliaht seperti orang yang pulangnya epat waktu. Kamu bisa menanyakan hal ini pada saat tanda tangan kontrak sudah dilakukan atau pada saat tawaran pekerjaan ditawarkan.

  1. Meminta interviewer untuk membaca CV yang diajukan

Pada saat kamu diminta untuk menceritakan mengenai diri kamu dan pengalaman kamu, jangan meminta atau memastikan bahwa interviewer sudah membaca CV yang kamu ajukan sebelumnya. Kamu bisa mengembangkan point-point yang tertera di CV kamu dengan mengubahnya menjadi kalimat yang mudah dipahami. Misalnya pada saat kamu mempunyai pengalaman berorganisasi di sekolah, apa saja kesulitan kamu dan bagaimana kamu bisa menyelesaikan hal tersebut, sebutkan solusinya.

  1. Kapan bisa bertemu atasan

Pertanyaan tersebut memperlihatkanmu seakan-akan kamu menganggap bahwa proses wawancara ini tidak penting sehingga kamu menginginkan untuk bertemu langsung dengan yang membuat keputusan. Padahal, semua pihak yang ikut andil dalam setiap prosesnya mempunyai andil yang besar. Kamu cukup meminta informasi mengenai langkah selanjutnya dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk wawancara selanjutnya (apabila proses wawancara melalui beberapa tahap).

  1. Pertanyaan seputar perusahaan yang bisa dicari tahu sendiri

Sebagai calon karyawan alangkah baiknya kamu mempersiakan segala sesuatuya dengan matang termasuk pengetahuan kamu menganai perusahaan yang kamu tuju. Dengan pertanyaan ini, akan terkesan bahwasannya kamu tidak siap dan tidak niat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

(Sumber: Qerja.com)

Back to top