6 Soft Skills untuk dikuasai sebelum menetap karir Anda

Masih bingung untuk memutuskan karir apa untukmu? Tidak apa-apa. Sambil menunggu ide, mendingan cari tahu soft skill apa yang kamu harus kuasai dulu!

Apa itu soft skill?

Soft skill adalah 'keterampilan subjektif' yang dapat dinilai oleh cara Anda berinteraksi dengan orang lain. Soft skill itu juga berbeda dengan hard skill, di mana mereka jauh lebih sulit untuk diukur dan untuk diajar.

Namun, ketika wawancara nanti, majikan akan lebih sukakaryawan yang tidak hanya pandai bekerja, tetapi juga pandai berkomunikasi dan bekerja bareng orang lain. Oleh karena itu, apa soft skill yang Anda butuhkan untuk membantu anda siap bekerja?

1. Keterampilan komunikasi

Kamu tidak perlu menjadi seorang orator brilian atau penulis untuk memiliki keterampilan komunikasi yang hebat! Namun, Anda akan diuji dengan kemampuan Anda untuk mengekspresikan dan mempresentasikan sebuah ide dengan jelas, kemampuan untuk membujuk orang lain, serta kemampuan untuk berkomunikasi baik dengan seluruh tim.

2. Keterampilan Kolaboratif

Selain berkomunikasi baik dengan tim, kamu juga harus bekerja dengan baik dengan mereka! Ini tidak berarti bahwa kamu harus melakukan apa saja yang orang lain katakan, tetapi kamu harus mampu membantu timmu dalam memenuhi tenggat waktu dan bekerja bersama untuk mencapai tujuan, terlepas dari menjadi pemimpin kelompok atau tidak!

3. Kemampuan beradaptasi

Soft skill ini berhubungan dengan kerja sama tim, namun agak sulit untuk menguasai. Soft skill ini membutuhkanmu untuk siap menyerahkan pendapat pribadimu untuk ide yang mendukung pendapat seluruh tim. Misalnya, jika kamu berpikir bahwa bendera perusahaan baru harus biru sementara yang lainnya ingin benderanya merah, kamu harus siap untuk menyerahkan idemu untuk keinginan mayoritas.

4. Problem Solving atau Penyelesaian Konflik

Namun, jika kamu adalah seorang yang pandai memecah masalah, kamu malah bisa bernegosiasi ide baru untuk memuaskan pendapatmu dan timmu. Kamu mungkin bisa menegosiasikan ide banner menjadi biru dengan garis-garis merah, atau bahkan menawarkan banner menjadi warna yang sama sekali berbeda! Pemecahan masalah merupakan aset penting untuk menciptakan solusi win-win bagi kedua belah pihak yang saling bertentangan. Keterampilan ini juga akan sering ditanya selama wawancara pekerjaanmu. Oleh karena itu, bersiaplah untuk menjawab tentang bagaimana kamu memecahkan masalah, bagaimana kamu menerlibatkan orang lain (terkait dengan kerja sama tim), dan juga hasil dari solusimu!

5. Observasi Kritis

Rupanya kemampuan mengumpulkan dan memanipulasi data juga tidak cukup untuk pekerjaan nanti...(ya ampun!) Kamu juga harus mampu menganalisis dan menginterpretasikan data! Misalnya, jika kamu diberi tabel atau grafik, kamu harus dapat memberitahu arti datanya, apa yang bisa ditanyai darinya, dan juga kemampuan untuk menafsirkan datanya dari sudut pandang yang berbeda-beda!

6. Manajemen Waktu

Ini mungkin salah satu soft skill sulit lainnya untuk dikembangkan dan dikuasai. Karyawan yang dapat mengelola waktu dengan baik biasanya cenderung lebih produktif, lebih efisien dan juga dapat memenuhi tenggat waktu. Mereka fokus pada tugas yang paling penting untuk membatasi jumlah tugas non-esensial, sehingga meningkatkan produktivitas kerja mereka.

Kan sekarang sudah tahu soft skills yang kamu harus kuasai, kalau lagi pusing memikirkan karir masa depanmu, ayo cobalah kuasai soft skillsmu dulu!

Back to top