Sukses Tidak Pandang Usia

Siapa bilang sukses itu hanya bagi orang-rang dewasa. Kamu yang masih duduk di bangku SMP ataupun SMA juga bisa sukses lho seperti yang dialami Yasa Paramita Singgih pemuda kelahiran 1995 (Pemilik Brand Men’s Republic).

Tidak ada jalan tanpa bebatuan begitu juga dengan usaha yang digeluti, tidak ada usaha yang selalu berjalan mulus tanpa ada kegagalan di setiap prosesnya. Yasa memulai usahanya dari nol, dimana sejak usia remaja (duduk di bangku SMP), Yasa berinisiatif membuat masa depannya  terjamin dengan berpenghasilan sendiri. Saat duduk di bangku kelas 3 SMP, ayah Yasa terserang penyakit jantung. Reality ini dirasakan Yasa akan mengancam masa depannya jika dia tidak mencoba memulai menjalani kehidupan mandirinya tanpa bergantung kepada orang tuanya.

Diwalai dengan menjadi MC dengan honor RP 350.000,00 sekali tampil, Yasa menjadikan honor tersebut sebagai modal pertama usaha kaosnya. Dengan keberaniannya, Yasa terjun ke dunia bisnis online kaos yang dibelinya dari toko dan kemudian dijual kembali menggunakan fasilitas Black Berry Messenger. Kala itu, Yasa sudah menggunakan brand Men’s Republic.

Minatnya di dunia bisnis semakin hari semakin kuat, sehingga mendorong Yasa untuk mencoba membuka bisnis baru tanpa persiapan dan perhitungan yang matang. Tahun 2012, Yasa mendirikan kafe yang ia namai TehKopi di kawasan Kebon Jeruk dan membuka cabang di mall Ambassador, Jakrta Selaan. Bisnis ini tidak berjalan sesuai perkiraan, dimana mengakibatkan kerugian yang cukup besar sehingga terpaksa menutup usaha kafe dan vakum beberapa saat dari usaha kaos online miliknya. Yasa memutuskan untuk focus dengan sekolahnya dan Ujian Nasional sembari memikirkan konsep dan strategi yang matang untuk bisnisnya mendatang.

Belajar dari kegagalan, Yasa kembali membuka bisnis online kaosnya (Men’s Republic) dengan konsep yang lebih matang serta memanfaatkan media online. Pada awalnya Men’s Republic ini hanya menjual kaos untuk pria saja namun, seiring berjalannya waktu Men’s Republic mulai menjual sepatu, sendal, jaket, dan produk-produk khusus pria lainnya. Berkat ketekunan dan kegigihannya, Yasa bisa meraup penghasilan hingga ratusan juta rupiah tiap bulannya. Menarik bukan?

(Sumber: maxmanroe.com)

Back to top