Tips Melakukan Riset Perusahaan Sebelum Wawancara Kerja

Melakukan penelitian terhadap perusahaan yang akan dilamar akan membantu anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pewawancara dengan lebih baik selama wawancara

Melakukan penelitian terhadap perusahaan yang akan dilamar adalah hal yang penting untuk dilakukan sebelum wawancara kerja. Pewawancara pasti ingin calon pegawainya untuk memiliki pengetahuan tentang perusahaan mereka. Tujuan mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang anda tuju tidak hanya untuk membantu anda menulis surat lamaran, tetapi juga untuk mengetahui manfaat yang akan anda dapatkan dengan bergabung di perusahaan tersebut. Ini juga akan membantu anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pewawancara dengan lebih baik selama wawancara. Jadi berikut adalah beberapa tips tentang cara untuk melakukan riset perusahaan secara kritis dan menyeluruh sebelum menghadapi wawancara kerja.

1. Carilah dari berbagai sumber informasi

Sumber informasi paling lengkap dan valid tentang perusahaan, lembaga pemerintah atau organisasi non profit adalah website resmi mereka sendiri. Anda mungkin akan menemukan goal mereka, sejarah, struktur terbaru dari manajemen, dan informasi penting lainnya. Tetapi anda juga dapat memperluas penelitian anda dengan mencari artikel atau berita terbaru tentang perusahaan terutama jika mereka adalah perusahaan besar melalui koran, portal berita online atau media sosial mereka. Anda juga dapat bertanya kepada teman atau kerabat yang saat ini bekerja atau pernah bekerja di sana, atau bekerja di sektor yang sama. Dengan cara tersebut, anda dapat mencari tahu tentang budaya perusahaan, informasi lain yang tidak dapat ditemukan di situs resmi mereka atau belum diperbaharui, dan bagaimana orang lain yang bekerja di sektor yang sama memandang perusahaan tersebut.

2. Mulai dari deskripsi pekerjaan

Anda harus tahu secara menyeluruh tentang deskripsi pekerjaan dari posisi yang anda lamar!

Sebelum menguasai seluruh informasi tentang perusahaan, pertama anda harus tahu secara menyeluruh tentang deskripsi pekerjaan dari posisi yang anda lamar. Karena hampir di setiap wawancara, pewawancara pasti bertanya tentang bagaimana anda dapat menjadi orang yang cocok dengan posisi tersebut dan kontribusi apa yang dapat anda berikan kepada perusahaan. Untuk menjawab pertanyaan itu, anda harus memahami deskripsi pekerjaan terlebih dahulu.

3. Baca segala sesuatunya tentang perusahaan

Visi dan misi, tujuan, pendiri dan sejarah, struktur terbaru dari manajemen, produk, lokasi dan cabang mereka, adalah hal-hal yang perlu anda ketahui tentang perusahaan yang anda lamar. Jika mereka adalah perusahaan besar, jangan lupa untuk memeriksa press release, berita atau artikel tentang perusahaan tersebut untuk tetap update jika mereka baru-baru ini meluncurkan produk baru, membuka cabang atau pabrik baru, atau mengalami perubahan manajemen.

4. Manfaatkan daftar peringkat

Menurut Virginia Franco, pendiri perusahaan layanan penulisan CV dan profil LinkedIn, Virginia Franco Resumes, alat lain yang dapat digunakan untuk meneliti perusahaan adalah dengan melihat melalui daftar peringkat atau daftar “terbaik”. Ada banyak daftar anda dapat temukan di internet yang berkisar pada lingkup dan ukuran, misalnya "Perusahaan yang paling menarik tahun 2016", "Top 10 Perusahaan di IT", atau "Perusahaan Terbaik untuk ibu yang bekerja".

5. Cek penerimaan publik

Hal lain yang penting untuk diteliti adalah seberapa baik produk atau jasa mereka diterima di masyarakat. Bacalah ulasan orang – orang tentang produk atau jasa mereka.

6. Cari tahu tentang pewawancara anda juga

Jika memungkinkan, cari tahu tentang orang-orang yang akan mewawancarai anda dalam proses perekrutan. Anda dapat meminta informasi dari nama dan gelar pewawancara atau mencarinya melalui situs resmi perusahaan, dan kemudian memeriksa latar belakang pribadi mereka melalui LinkedIn atau media sosial mereka.

7. Cek juga pesaingnya

Tips lain dari Lily Zhang, seorang Career Development Specialist dari MIT, adalah dengan meneliti sektor terkait dan perusahaan yang dianggap sebagai pesaing. Salah satu cara yang mudah untuk melakukan ini adalah dengan melihat pada bagian "Other Companies People Viewed" di profil LinkedIn perusahaan yang anda lamar. Dengan cara ini, anda akan mengetahui tentang keunikan perusahaan tersebut dan membantu anda menjelaskan mengapa anda ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Back to top